Dalam urusan menganalisa angka, tak jarang kita akan dihadapkan dengan deretan angka yang begitu banyak sehingga tak jarang menyebabkan adanya kesalahan. Oleh karenanya, kenapa tidak memanfaatkan fasilitas formula yang sudah terdapat di Microsoft Excel untuk mempermudah.
Belum lagi, saat deret angka tersebut terdiri dari susunan beberapa data yang masing-masing dianalisa menggunakan rumus yang sama. Justru dengan menggunakan Microsoft Excel analisa tersebut akan lebih mudah terselesaikan. Cukup dengan membuat satu persamaan/formula selebihnya tinggal menggunakan perintah "Copy Paste".
Fungsi dari perintah Copy ini sendiri adalah untuk menduplikat/membuat persamaan rumus sesuai dengan perintah yang kita pilih sebelumnya.
Sekarang bagaimana menggunakan formula "Copy Paste" di dalam Microsoft Excel ?
"Perintah Copy"
Untuk membuat perintah "Copy" sangar mudah. Tinggal arahkan kursor ke data yang ingin di duplikat, kemudian pilih tombol Copy atau dengan menggunakan Mouse kemudian klik kanan pilih Copy.
"Perintah Paste"
Sedangkan untuk perintah Paste, sama halnya saat membuat perintah Copy. Namun berbedanya saat akan menduplikat data tersebut terdapat beberapa pilihan ;
1. Paste Value
Dengan menggunakan perintah ini, maka semua formula yang ada akan secara otomatis hilang dan akan berubah menjadi bentuk value atau hanya akan menampilkan nilai hasil.
2. Paste Formula
Perintah ini hanya akan menduplikat formula dan tidak akan menduplikat format yang ada pada item yang dipilih/dicopy.
3. Paste Transpose
Perintah ini digunakan untuk mengcopy data sekaligus membalik data yang tadi awalnya tersusun secara vertikal akan berubah menjadi horisontal dan sebaliknya.
4. Paste Format
Perintah yang digunkan untuk menduplikat format pada kotak yang dipilih tanpa harus menduplikat formula yang terdapat di kotak sebelumnya (jika ada formulanya).
5. Paste Link
Dengan perintah ini, saat kita menuju kotak yang dimaksud akan menampilkan data yang di duplikat, maka secara otomatis akan memunculkan formula yang di duplikat.
Secara garis besar, konsep Copy Paste sangatlah mudah dan praktis khususnya saat akan mengolah data banyak. selain meminimalkan kesalahan formula dikarenakan data yang berulang, metode ini cukup efisien dalam menghemat waktu pekerjaan.
Semoga bermanfaat.
Fungsi dari perintah Copy ini sendiri adalah untuk menduplikat/membuat persamaan rumus sesuai dengan perintah yang kita pilih sebelumnya.
Sekarang bagaimana menggunakan formula "Copy Paste" di dalam Microsoft Excel ?
"Perintah Copy"
Untuk membuat perintah "Copy" sangar mudah. Tinggal arahkan kursor ke data yang ingin di duplikat, kemudian pilih tombol Copy atau dengan menggunakan Mouse kemudian klik kanan pilih Copy.
"Perintah Paste"
Sedangkan untuk perintah Paste, sama halnya saat membuat perintah Copy. Namun berbedanya saat akan menduplikat data tersebut terdapat beberapa pilihan ;
1. Paste Value
Dengan menggunakan perintah ini, maka semua formula yang ada akan secara otomatis hilang dan akan berubah menjadi bentuk value atau hanya akan menampilkan nilai hasil.
2. Paste Formula
Perintah ini hanya akan menduplikat formula dan tidak akan menduplikat format yang ada pada item yang dipilih/dicopy.
3. Paste Transpose
Perintah ini digunakan untuk mengcopy data sekaligus membalik data yang tadi awalnya tersusun secara vertikal akan berubah menjadi horisontal dan sebaliknya.
4. Paste Format
Perintah yang digunkan untuk menduplikat format pada kotak yang dipilih tanpa harus menduplikat formula yang terdapat di kotak sebelumnya (jika ada formulanya).
5. Paste Link
Dengan perintah ini, saat kita menuju kotak yang dimaksud akan menampilkan data yang di duplikat, maka secara otomatis akan memunculkan formula yang di duplikat.
Secara garis besar, konsep Copy Paste sangatlah mudah dan praktis khususnya saat akan mengolah data banyak. selain meminimalkan kesalahan formula dikarenakan data yang berulang, metode ini cukup efisien dalam menghemat waktu pekerjaan.
Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar