Di dalam aktifitas harian khususnya pekerja kantor, tidak jarang Microsoft Office adalah salah satu aplikasi yang menjadi "Wajib" dikuasai. Tak jarang penguasaan terhadap aplikasi ini menjadi salah satu persyaratan saat seleksi "Calon Karyawan" pada suatu perusahaan. Untuk penguasaan aplikasi ini hampir semua level pada suatu perusahaan akan menggunakannya dalam penyusunan data, pengolahan data, dan pembuatan laporan apalagi saat duduk di belakang komputer. Maka karyawan ini menjadi "WAJIB" menguasai aplikasi tersebut.
Salah satu bagian dari Microsoft Office ini adalah Microsoft Excel. Bagi yang belum terbiasa, banyak yang beranggapan bahwa aplikasi ini akan berkaitan dengan angka dan formula. Namun hanya sedikit yang benar-benar mengusaia aplikasi tersebut dikarenakan masih beranggapan hanya orang yang diposisi analis dan bersinggungan dengan angka yang akan mengguanakan aplikasi tersebut.
Maka dari itu, pada kesempatan ini saya akan sedikit memaparkan formula dasar yang terdapat di Microsoft Excel berikut contohnya.
Salah satu bagian dari Microsoft Office ini adalah Microsoft Excel. Bagi yang belum terbiasa, banyak yang beranggapan bahwa aplikasi ini akan berkaitan dengan angka dan formula. Namun hanya sedikit yang benar-benar mengusaia aplikasi tersebut dikarenakan masih beranggapan hanya orang yang diposisi analis dan bersinggungan dengan angka yang akan mengguanakan aplikasi tersebut.
Maka dari itu, pada kesempatan ini saya akan sedikit memaparkan formula dasar yang terdapat di Microsoft Excel berikut contohnya.
1. Penjumlahan
Untuk melakukan penjumlahan terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan.
a. Jika anda tidak terbiasa menggunakan formula, dapat menggunakan tombol "AutoSum" untuk menjumlahkan data angka yang anda inginkan. Posisi tombol ini ada di layar utama Home - Editing - AutoSum.
Langkah :
- Buka aplikasi microsoft Excel
- Buat data yang akan di jumlahkan
- Pada contoh diatas data dibuat pada kolom A1 dan A2. Letakkan kurosr di kotak A3, kemudian pilih tombol AutoSum.
b. Dengan menggunakan formula "SUM"
Bagi yang suka dengan formula dan tidak menggunakan "AutoSum", maka dapat menggunakan perintah SUM. adapun langkah yang dapat dilakukan hampir sama dengan langkah pada AutoSum hanya pada langkah terkahir pada kotak A5 ketikkan "=SUM(A1:A2)" kemudian ENTER.
c. Dengan penjumlahan manual (menggunakan + )
Hal ini yang paling umum dan paling banyak digunakan bagi yang awam terkait dengan Excel. Pada data yang sama diatas, saat akan menjumlahkan data dimaksud pada kotak A3, maka digunakan perintah "=(A1+A2)" kemudian ENTER.
2. Pengurangan
Pada saat akan melakukan penguranglan data, yang perlu dilakukan tidak jauh beda dengan saat penjumlahan, hanya saja yang membedakan adalah formula yang digunakan. Hanya dengan mengganti tanda plus ( + ) menjadi minus ( - ). Sehingga pada kotak A5 kettikan "=(A1-A2)"
3. Pembagian
Sama halnya pembagian, saat akan melakukan pembagian cukup mengganti tanda plus ( + ) menjadi tanda miring ke kiri ( / ). Maka akan didapatkan formula "=(A1/A2)"
4. Perkalian
Untuk perkalian, cukup menggantikan tanda plus ( + ) menjadi tanda bintang ( * ). Dan akan di dapatkan formula "=(A1*A2)"
Demikian sedikit penggunaan formula di dalam aplikasi Microsoft Excel. semoga bermanfaat.
3. Pembagian
Sama halnya pembagian, saat akan melakukan pembagian cukup mengganti tanda plus ( + ) menjadi tanda miring ke kiri ( / ). Maka akan didapatkan formula "=(A1/A2)"
4. Perkalian
Untuk perkalian, cukup menggantikan tanda plus ( + ) menjadi tanda bintang ( * ). Dan akan di dapatkan formula "=(A1*A2)"
Demikian sedikit penggunaan formula di dalam aplikasi Microsoft Excel. semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar